Bet365 cadangan situs - Bet365 cadangan situs

Cara Menulis Cerpen

  • 时间:
  • 浏览:0

Latar cerita merupakan sarana utama dalam sebuah cerpen. Dengan adanya latar cerita maka akan tahu tokoh-tokoh dan konfliknya.

Sebelum menulis cerpen pastinya terlebih dahulu harus memperhatikan dan memahami beberapa hal.

Sebuah inspirasi bisa datang dari pengalaman atau peristiwa yang dialami, baik secara pribadi atau orang lain.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tema merupakan gagasan pokok yang terkandung pada cerpen. Tema adalah ide yang mendasari pengembangan sebuah cerita.

Peristiwa-peristiwa itu dapat berasal dari peristiwa nyata, peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi.

Karakteristik cerpen terbagi dalam dua unsur, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Contohnya, janganlah durhaka pada orang tua, atau hormati orang yang lebih tua.

Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan pengarang pada cerpen yang dibuatnya. Amanat tersebut berada pada isi cerpen. Sehingga pembaca harus teliti agar bisa menangkat amanat.

KOMPAS.com - Cerita pendek (cerpen) merupakan salah satu karya sastra berbentuk prosa yang hanya memiliki satu tahapan alur cerita.

Unsur intrinsik merupakan bagian dalam pada karya sastra. Di mana meliputi sebagai berikut:

Dalam tema dibagi menjadi tiga, yakni:

Secara garis besar alur cerita meliputi bagian awal (perkenalan), tengah (konflik), dan akhir (penyelesaian). Adanya tiga bagian tersebut akan membuat cerpen menjadi hidup.

Terlibat atau tidak terlibat, melalui mata memandang, dan melalui telingan mendengar, berbagai peristiwa itu akan bersentuhan dengan emosi.

Cerpen biasanya berisi tentang kisah kehidupan manusia yang di ceritakan lewat tulisan pendek dan singkat.

Baca juga: Menjadikan Cerpen, Komik, Meme dan Syair Daya Ungkit Literasi Siswa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Alur cerita merupakan rangkaian cerita yang ada dalam karya sastra. Biasanya alur cerita dibuat melalui jalinan waktu dan hubungan sebab akibat.

Cerpen juga berkaitan dengan efek tunggal yang disampaikan hanya dalam satu atau beberapa episode atau adegan yang signifikan.

Estetis merupakan tema yang berisikan mengenai keindahan, baik secara fisik dan psikis. Secara fisik contohnya keindahan tempat seperti puncak. Sedangkan secara psikis contohnya keindahan sebuah persahabatan.

Penokohan merupakan pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita.

Saat menulis cerpen perlu adanya imajinasi tentang gambaran latar cerita, baik itu yang bersifat geografis, budaya, atau latar yang sangat abstrak. Biasanya latar cerita itu meliputi tempat, waktu, dan suasana.

Baca juga: Struktur dan Jenis Pantun

Etis merupakan tema yang berkaitan dengan idealisasi yang ada di masyarakat. Contohnya itu seperti kepahlawanan atau tokoh.

Sudut pandang adalah cara memandang tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu.

Banyak sumber inspirasi yang dapat digunakan untuk menulis sebuah cerpen.

Unsur ekstrinsik

Unsur intrinsik

Unsur ekstrinsik merupakan bagian luar karya sastra. Dalam cerpen unsur ekstrinsik seperti, psikologi, moral, sosial, dan religius.

Cerpen yang sudah disusun sebaiknya disunting terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memperbaiki ejaan dan pilihan kata yang kurang tetap dalam penggunaannya.

Dalam buku Mengarang? ah, Gampang: Langkah-langkah Mudah Menulis Cerpen, Novel dan Skenario (2004) karya Langit Kresna Hariadi, ada berlimpah peristiwa dunia ini yang kita terlibat di dalamnya atau sekedar menjadi penonton.

Bisa juga lewat kondisi lingkungan tempat tinggal, atau khalayan yang ada pada pikiran. Biasanya yang paling sering dipakai inspirasi untuk membuat cerpen tentang pengalaman atau peristiwa yang pernah dialami.

Baca juga: Cerpen: Sejarah, Ciri-ciri dan Jenis

Dalam penokohan juga mencakup masalah siapa tokoh cerita, bagaimana perwatakan, dan bagaimana penempatan dan pelukisannya dalam cerita. Itu bisa sebagai gambaran yang jelas kepada pembaca cerpen.

Jadi untuk meminimalisir kesalahan dalam ejaan dan pilihan kata.  Pengarang jangan membuat pembaca kebingungan oleh pertanyaan yang bersifat teknis. 

Sudut pandang merupakan strategi, teknik, siasat yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan dan ceritanya.

Dari berbagai peristiwa yang dialami tentunya harus diidentifikasi. Selanjutnya dipilih satu peristiwa yang mungkin paling mengesankan, membosankan, atau menjengkelkan. Dari situlah kemudian membangun cerita dan pastinya harus runut.

Kembangkan rangkaian peristiwa yang sudah diinventarisasis menjadi cerita dengan mengembang unsur intrinsik. Penulis pastinya harus menguasai kaidah-kaidah ejaan yang berlaku (EYD).

Baca juga: Tukar Takdir, Membaca Imajinasi Kehidupan dalam 12 Cerpen

Religius merupakan tema yang berhubungan dengan ketuhanan atau agama. Contohnya seperti percintaan atau persahabatan.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), cerpen merupakan narasi prosa fiksi singkat yang lebih pendek dari sebuah novel. Biasanya cerpen hanya berurusan dengan beberapa karakter.